Rabu, 13 November 2013

DAUR HIDUP HEWAN DAN TUMBUHAN


Daur hidup ayam
Daur hidup merupakan serangkaian tahapan hidup makhluk hidup. Masing-masing makhluk hidup memiliki daur hidup yang berbeda-beda. Daur hidup pada hewan terdiri atas beberapa cara yaitu metamorfosis, bertelur dan beranak. Manusia pun dapat memengaruhi daur hidup hewan dan tumbuhan. Manusia dapat memotong daur hidup hewan, contohnya siklus nyamuk Aides aygepti (yang menyebabkan sakit DB) diputus dengan cara 3M agar tidak berkembang biak lebih banyak. Tumbuhan pun dapat diperpendek daur hidupnya, misalnya pohon mangga yang dicangkok akan menghasilkan buah yang cepat berbuah dalam waktu yang relatif singkat.

Daur Hidup kucing
METAMORFOSIS
Metamorfosis merupakan perubahan bentuk yang dialami oleh beberapa hewan. Hewan yang memiliki daur hidup dengan cara metamorfosis misalnya kupu-kupu, kecoak, belalang, kumbang dan sebagainya. Perubahan bentuk dengan metamorfosis dibagi menjadi dua yaitu:
1. Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis sempurna merupakan perubahan bentuk yang yang sangat berbeda ketika makhluk hidup lahir dengan ketika dewasa. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mengalami masa pupa/kepompong. Contohnya adalah kupu-kupu, nyamuk, kumbang dan katak.

Ketika kupu-kupu dewasa bertelur, telurnya akan menetas menjadi larva yang berbentuk ulat, ulat menjadi kepompong dan kepompong kemudian berubah menjadi kupu-kupu dewasa.

Perubahan bentuk pada katak juga mengalami metamorfosis sempurna. Setelah telur, katak menetas menjadi katak muda atau cebong. Nama lain dari cebong adalah berudu. Berudu hidup di air dan masih memiliki ekor. Menjelang dewasa, kaki berudu mulai tumbuh dan masih berekor. Setelah dewasa, kaki katak tumbuh sempurna dan ekornya pun menyusut hingga tidak memiliki ekor lagi. Pada tahap katak dewasa, katak lebih sering hidup di darat dan akan kembali ke air untuk bertelur. Begitu seterusnya siklus hidup katak dengan metamorfosis sempurna


2. Metamorfosis Tidak Sempurna     Metamorfosis tidak sempurna merupakan perubahan bentuk yang tidak terlalu berbeda ketika makhluk hidup lahir dengan ketika dewasa. Hewan yang bermetamorfosis tidak sempurna tidak mengalami masa pupa/kepompong sehingga perubahan bentuknya tidak terlalu berbeda. Contohnya adalah belalang, kecoak, capung, kepik, laron.
Daur Hidup Belalang

Daur Hidup Tumbuhan
 Tumbuhan pun memiliki daur hidup yang berbeda-beda. Tumbuhan kacang memiliki daur hidup yang berbeda dengan tumbuhan padi. Begitu pula tumbuhan mangga memiliki perbedaan daur hidup dengan pohon salak.
Daur hidup tumbuhan dapat diperpendek oleh manusia. Sebagai contoh, pohon mangga dapat diperpendek siklus hidupnya dengan dicangkok. Manfaat mencangkok adalah kita dapat menikmati buah dengan rasa yang sama dengan tanaman induk dalam waktu yang relatif singkat (daripada ditanam dengan biji). 

Cara mencangkok
pohon dicangkok
  1. Pilih batang pohon bagian dahan yang kuat dan lumayan besar untuk dicangkok.
  2. Kulit dahan tersebut dikupas sedikit dengan panjang kira-kira 5-10 cm
  3. Bersihkan lapisan kambium (lapisan yang berlendir) agar nantinya akar dapat tumbuh
  4. Setelah kering, balut kulit yang telah terkelupas tadi dengan tanah yang mengandung banyak zat hara.
  5. Bungkus dahan yang sudah berisi tanah dengan plastik atau sabut kelapa dan ikatlah agar tanah tidak jatuh.
  6. Tunggu beberapa minggu sampai pada dahan tersebut muncul akar.
  7.  Setelah muncul akar, dahan dipotong di bagian bawah dan siap di tanam di tempat yang telah disediakan. 

 DAUR HIDUP MANGGA
Buah mangga yang sering kita makan pasti memiliki biji. Biji tersebut jika ditanam, suatu saat akan tumbuh akar dan tunas. Tunas tersebut akhirnya menjadi pohon mangga kecil yang lama-kelamaan menjadi besar dan berbunga. Bunga-bunga mangga ini merupakan cikal bakal buah mangga yang sering kita makan.



8 komentar:

  1. apakah pertumbuhan ( daur hidup setiap tumbuhan sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak sama, karena ada yg melalui biji ada yg dicangkok

      Hapus
    2. Tidak sama karena ada yang menanam kembali dengan tunas contoh yang memakai tunas:pisang

      Hapus
  2. Apakah beras tumpah dari biji bijian

    BalasHapus
  3. Apakah daur hidup tumbuhan itu seperti memperkembangbiakan tumbuhan?

    BalasHapus
  4. Official Sega Saturn Model 2 - Titanium Blue Ps4 Controller
    Official Sega titanium cookware Saturn Model 2. Official for titanium sheet metal Saturn titanium prices Model 2: Model 1 with mens titanium braclets controller; Sega Saturn Model 1 controller in mint condition; Sega titanium engagement rings Saturn Model 2

    BalasHapus